BEM FMIPA
UNIKALTAR

Implementasi OSTP Action Sebagai Upaya Membelajarkan Ilmu Ketahanan Pangan dan Aplikasi Sains

Wandiansyah Sabri (SMK TRIDAYA PRATAMA)

Di dalam dunia pertanian masih sangat kurang dijumpai adanya penyuluhan untuk melaksanakan kegiatan produktif seperti membudidayakan tanaman terkhususnya dikalangan peserta didik. Sebenarnya hal tersebut sangat bermaanfaat bagi peserta didik sebagai generasi muda dalam mempertahankan ketahanan pangan baik dalam skala kecil maupun skala besar yang juga dapat menubuhkan pengetahuan sains. Maka dari itu penulis menciptakan OSTP Action untuk belajar menjaga ketahanan pangan. Dalam melaksanakan OSTP Action peserta didik akan memahami teori terkait peduli lingkungan, langkah pembuatan media tanam, mengenal unsur hara tanah, mengenal jenis sayuran, mengenal macam-macam pupuk, dan hal-hal penting dalam membudidayakan tanaman sayuran secara individual. Adapun hasil yang telah didapatkan yaitu peserta didik tergerak untuk melakukan penanaman tanaman sayuran sesuai dengan minat peserta didik seperti lombok, selada, tomat, terong, kangkung, daun bawang, mentimun dan kemangi. Hal ini juga dapat membantu guru produktif dalam menilai keterampilan peserta didik di luar kelas.

REFERENSI

Afriyeni, Y.  (2018). Pembentukan karakter anak untuk peduli lingkungan yang ada di Sekolah Adiwiyata Mandiri SDN 6 Pekanbaru. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 123–133. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v1 i2.1171

 Agusian,D.A.,2017.MODEL PEMELAJARAN UNTUK MENGENALKAN KEWIRAUSAHAAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS RENDAH. Bangun Rekaprima, (Online). Vol.03/2/, (https://jurnal.polines.ac.id/view/866, di akses 29 Januari 2023) 

Alam. 2013.  Media Tanaman Sayuran Polybag. (Online), (http://alamtani.com/media-tanam-sayuran-polybag.html, di akses 29 Januari) 

Anggita, Y. D., & Supriyanto. (2014). Penanaman dan pengembangan karakter peduli lingkungan di sekolah alam (Studi kasus di SMP Alam Ar- Ridho Semarang). Journal of Biology Education, 3(3), 338–344. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.p hp/ujbe/article/view/4534 

Anonymous. 2015.(http://kalteng.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php/publikasi-mainmenu-47-47/teknologi/521-budidaya-tanaman-dalam-pot-polybag-dan-verticulture, diakses 29 Januari 2023) 

Anonymous. 2015.(https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/penyiapanmedia-tanam-1, diakses 29 januari 2023)

 Israpil. 2019. NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK DI PROVINSI KALIMANTAN UTARA. Jurnal Educandum, (Online), Volume 5, No. 3, (https://blamakassar.e-journal.od/educandum/articel/download/268/205, di akses 29 Januari 2023

 Kementrian Pendidikan Nasional. 2011. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan, Pusat Kurikulum dan Perbukuan. 

Mukminin, A. (2014). Strategi pembentukan karakter peduli lingkungan di sekolah Adiwiyata mandiri. Ta’dib: Journal of Islamic Education (Jurnal Pendidikan Islam), 19(2), 227–252.https://doi.org/10.19109/tjie.v19i02.16 

Mustika, Sri. 2019. CARA MEMBUDIDAYAKAN TANAMAN SAYURAN. (Online), (http://cybex,pertanian.go.id/mobile/artikel/89601/CARAMEMBUDIDAYAKAN-TANAMAN-SAYURAN/, di akses 29 Januari 2023). 

Nugroho, Panji. 2010. Panduan Membuat Pupuk Kompos Cair. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Baru Press.

Do

Scroll to Top